Pelatihan Jurnalistik Kepetualangan

     Pengurus Korps Pecinta Alam (Korpala) Unhas menggelar Pelatihan Jurnaistik Kepetualangan, di Ruang D4, Mabes Korpala Unhas, Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa II, Sabtu (2/4/2011).
     Pelatihan yang pada tahap awal direncanakan berlangsung selama satu minggu tersebut dikhususkan bagi atlet Ekspedisi Pelayaran Akademis (EPA) II, yang akan berlayar ke Darwin, Australia, Agustus mendatang.
     Ketua Umum Korpala Unhas Baso Hamdani mengatakan, pelatihan itu bertujuan untuk memberikan bekal kepada atlet yang diharapkan nantinya bisa memublikasikan setiap kegiatan EPA II.
     "Sementara pesertanya terbatas, tapi bagi anggota lain yang ingin ikut serta silahkan," kata Baso Hamdani yang ditemui sesaat sebelum pelatihan yang dimulai sekitar pukul 10.00 Wita, kemarin.
     Sekadar diketahui, di organisasi kepencinta alaman Kampus Merah yang dibentuk tahun 1985 itu, memiliki sejumah media internal, seperti http://korpalaunhas.blogspot.com yang dalam bentuk online dan Tabloid Lembana dalam bentuk cetak.
     Pelatihan awal dengan materi dasar-dasar penulisan diikuti enam atlet EPA II, masing-masing Lukman (Ketua Tim EPA II), Abd Mauris, Abd Jalal, Rusmin N.G.K, Fadli Isra Saite, dan ahmad. Anggota Korpala lain yang juga ikut menyimak materi yang dibawakan AI Pasinringi dari Harian Seputar Indonesia, di antaranya Ahmadi, Fahmi, dan Asharullah.
     Menurut Lukman, pelatihan yang nantinya juga akan diisi materi fotografi dinilai penting untuk menunjang skill anggota Korpala Unhas. Utamanya dalam hal pendokumentasian kegiatan.
     "Saya pikir sangat penting. Tak hanya kemampuan menulis, dalam hal fotgrafi termasuk yang juga teman-teman masih kurang," kata Lukman.
     Kegiatan internal ini memberdayakan sumber daya Korpala Unhas sendiri, seperti pemateri. Pemateri pertama, AI Pasinringi juga merupakan anggota Korpala, selanjutnya juga akan diisi oleh Angriani S Ugart, yang kini bekerja sebagai redaktur Harian Fajar.
      AI Pasinringi mengatakan, pelatihan tersebut akan menitikberatkan pada praktisi penulisan dengan lebih banyak membuat simulasi-simulasi kepada peserta. "Tentunya materi akan disesuaikan dengan spesifikasi bidang kepetualangan dan kepencintaalaman yang digeluti Korpala," kata Iccang, sapaan AI Pasinringi.
     Pelatihan Jurnalistik Kepetualangan rencananya akan berlangsung setiap hari selama sepekan, mulai pukul 09.00 Wita di Mabes Korpala Unhas.(lukman/asharullah)

diterbitkan di HARIAN SEPUTAR INDONESIA (SINDO), 
edisi SENIN, 4 APRIL 2011, HALAMAN 10.

3 Responses to "Pelatihan Jurnalistik Kepetualangan"

  1. Semoga ini jadi awal bwt semuanya....mantab...!!!

    BalasHapus
  2. tulisan ini diterbitkan di HARIAN SEPUTAR INDONESIA (SINDO), edisi SENIN, 4 APRIL 2011, HALAMAN 10.

    BalasHapus
  3. dapatkan keseruan bermain game kartu online di donacopoker dan dapatkan juga bonus bonus menariknya
    Bonus Donacopoker
    Daftar Donacopoker
    Donaco Poker
    judi kartu online
    BBM : DC31E2B0
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +6281298526483

    BalasHapus