Korpala Unhas bekerja sama dengan Association Pyrénéenne de Speleologie Perancis

     Association Pyrénéenne de Speleologie (APS) Perancis untuk kesekian kalinya mengunjungi Indonesia untuk melakukan kajian ilmiah dalam eksplorasi gua-gua di sekitar Maros dan Pangkajene Sulawesi Selatan. Pengurus Korpala Unhas memutuskan untuk menjalin kerjasama dengan APS dalam kegiatan yang akan berlangsung dari tanggal 13 Juli sampai 7 Agustus 2011.
Gua Leangpute, Maros Sulawesi Selatan
     Korpala Unhas akan menyertakan lima orang anggotanya dalam rombongan APS yang berjumlah sembilan orang. Personil APS kali ini terdiri dari orang-orang dengan beberapa disiplin ilmu antara lain speleology, karst, hydrology, matematika dan biospeleology. Interaksi dengan anggota APC nanti diharapkan memberi tambahan wawasan untuk anggota Korpala khususnya di bidang budaya ilmiah akademisi yang berkegiatan di alam bebas.
     Sasaran yang hendak dicapa oleh APS sendiri dalam kegiatan di Indonesia kali ini adalah mencari gua-gua di sekitar Bulu Saraung bagian Selatan, mengumpulkan data awal untuk perencanaan eksplorasi gua-gua di Pangkajene. Membuat film tentang gua Leangpute dan melacak kembali jaringan hydrology gua Jamala yang berada dalam lingkup Salukang Hulu. Seluruh rangkaian kegiatan tersebut dijadwalkan rampung sampai tanggal 30 Juli 2011.
     Selain kegiatan di Sulawesi Selatan ini, tim APS juga merencanakan kegiatan di Mekongga. Untuk itu tim akan dibagi dua, yang kemudian menuju Mekongga tanggal 28 Juli. Kegiatan di Mekongga sendiri tetap didampingi oleh anggota Korpala Unhas yang direncanakan tuntas tanggal 4 Agustus 2011.
     Menurut Andi Mulatauwe sebagai kontak person yang menghubungkan Korpala Unhas dengan APS, kegiatan APS tahun ini adalah rangkaian kegiatan dari tahun-tahun sebelumnya. Tercatat di tahun 2007 APS ke Maros bersama tim dari LIPI yang didampingi oleh dua orang anggota Korpala. Ditahun berikutnya 2008, bersama tim Taman Nasional juga berkegiatan di sekitar Maros yang didampingi oleh enam orang anggota Korpala. Dari dua kegiatan pendampingan tersebut semuanya dalam kapasitas pendampingan pribadi. Nanti di kegitan tahun ini Korpala Unhas sebagai institusi memutuskan untuk bekerjasama secara resmi dalam kegiatan APS.

5 Responses to "Korpala Unhas bekerja sama dengan Association Pyrénéenne de Speleologie Perancis"

  1. Mudah-mudahan kerjasama yang telah dirintis beberapa tahun lalu bisa tetap terjaga..& kami mendoakan semoga kegiatan yang dilakukan sukses dan tidak ada kendala...amin,,

    BalasHapus
  2. amin... smoga kerjasama ke depannya bersama korpala sebagai institusi resmi sehingga memberi nilai lebih kepada korpala agar membuka peluang semakin banyak organisasi lain dari luar yg dapat mengenal dan bekerjasama dengan korpala.

    BalasHapus
  3. dapatkan keseruan bermain game kartu online di donacopoker dan dapatkan juga bonus bonus menariknya
    Bonus Donacopoker
    Daftar Donacopoker
    Donaco Poker
    judi kartu online
    BBM : DC31E2B0
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +6281298526483

    BalasHapus