Seminar Internasional Korpala Unhas

     Mengawali tahun baru 2013 tepatnya tanggal 10 Januari, Korpala unhas akan mengadakan seminar internasional dengan tema The History Of Macassan Seafarer in Australia. Seminar sehari tersebut akan digelar di Aula Prof.Amiruddin, kampus Unhas Tamalanrea Makassar.
     Sebagai rangkaian dari suksesnya Ekspedisi Pelayaran Akademis-2 tahun lalu, seminar ini nantinya akan menampilkan pembicara-pembicara yang sangat berkompeten di bidangnya masing-masing. Diantaranya dosen Anthropology Maritim Unhas, Muhammad Neil S.Sos. Lalu ada c.    Dr. Edward L. Poelinggomang, MA yang adalah Dosen Ilmu Sejarah Unhas serta Muhammad Ridwan Alimuddin, seorang penulis buku tentang budaya Suku Mandar di Sulawesi Barat. Tidak ketinggalan seorang Paul Clark, Senior Curator di Maritime Archaeology and History, Museum and Art Gallery of The Northern Territory - Darwin, Australia.
     Seperti kita ketahui, tahun lalu Korpala Unhas berhasil melabuhkan perahu tradisional berjenis 'Sandeq' di Darwin Australia. Pelayaran dari Makassar tersebut menempuh 41 hari menyusuri jejak pelaut Sulawesi hingga ke Australia. Film yang mendokumentasikan ekspedisi tersebut nantinya akan ditayangkan untuk konsumsi peserta seminar.
     Di samping seminar yang terbuka untuk umum, panitia juga menyelenggarakan pameran buku dan foto-foto kegiatan Korpala Unhas, demikian menurut Abdul Jalal ketua panitia kegiatan ini.
     Seminar ini nantinya diharapkan menjadi media publikasi sejarah kemaritiman pelaut Sulawesi. Disamping itu keanekaragaman jenis perahu tradisional Sulawesi dengan sejarah panjangnya menjangkau daratan Australia akan menambah pengayaan referensi kemaritiman untuk generasi muda dalam mengembangkan budaya maritim di waktu yang akan datang.
trailer Ekspedisi Pelayaran Akademis II Korpala Unhas, Makassar - Darwin

0 Response to "Seminar Internasional Korpala Unhas"

Posting Komentar