Kelas Jurnalistik ala Penggiat Alam Bebas


Rabu (8/11/2017) pukul 20.30 WITA, pengurus dan anggota Korps Pencinta alam Universitas Hasanuddin (KORPALA UNHAS) menggelar diskusi tetang dunia jurnalistik, yang dilaksanakan di ruang D4 Mabes (markas besar) Korpala Unhas.
korpala  unhas
Diskusi Jurnalistik. Suasana diskusi jurnalistik dan branding organisasi ala penggiat alam terbuka di ruang pertemuan D4 KORPALA Unhas.
Selain teori serta teknik jurnalistik, kelas ini juga turut menggali soal seluk-beluk "branding" organisasi, khususnya dengan menggunakan media sosial. Kapasitas menggali informasi, mengolah berita hingga memilih media yang tepat adalah skill mutlak bagi seorang humas lembaga, ungkap fasilitator kelas,  Nirwan Dessibali.

Mantan Redaktur pada salah satu media lokal tersebut juga tak lupa  memaparkan tentang teori dasar jurnalistik. Pemahaman dasar tersebut sangat penting untuk dijadikan pondasi serta koridor dalam menulis berita maupun opini. "Kita harus selalu ingat kaidah-kaidah dalam hukum jurnalistik. Setelah itu terpenuhi barulah kita berpikir tentang calon pembaca", lanjutnya.

Saling lempar tanya serta tanggapan terjadi antara fasilitator dan peserta kelas. Salah satu anggota Korpala juga memaparkan pandangannya terkait hegemoni media, khususnya media sosial dalam kerusakan alam. "Kemampuan kita dalam mengabarkan lokasi kegiatan turut berkontribusi pada kerusakan tempat tersebut. Ini ibarat pisau bermata dua", ungkap Ihsan yang juga mantan ketua umum Korpala ini.

Sebagai organisasi yang bergiat di alam bebas, modal membuat berita, foto berita mau pun video sangatlah dibutuhkan. Selain ajang eksistensi lembaga, kemampuan itu juga dapat digunakan untuk mempengaruhi pola pikir, bahkan perilaku orang banyak dalam berinteraksi dengan alam.

Sebagai Ketua Umum KORPALA Unhas periode 2017, Andi Suaib sangat mengapresiasi keterlibatan anggota KORPALA Unhas dalam pelaksanaan Diskusi Jurnalistik dan Branding Organisasi yang dilaksanakan atas kerjasama pengurus. 

Dikatakan pula bahwa  “tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu, termasuk pengetahuan jurnalistik sangat penting, selain sebagai upaya publikasi kegiatan organisasi juga menjadi pengetahuan tambahan bagi anggota KORPALA Unhas, artinya ini menjadi modal tersendiri bagi anggota yang terlibat”, tutup Rambo, sapaan akrabnya.

Ucapan terimakasih kepada Kanda Nirwan Dessibali sebagai narasumber tak lupa disampaikan, atas waktu luangnya untuk berbagi dan belajar bersama dalam bingkai kesederhanaan Bluesky Room D4 KORPALA Unhas.


- Bidang Data dan Informasi -

1 Response to "Kelas Jurnalistik ala Penggiat Alam Bebas"

  1. CARA BERMAIN POKER AGAR MENANG

    Dapatkan bonus 2x sehari di www. donacobet .com
    agen poker online terpecaya fitur 7 game dan bisa kalian mainkan
    dengan 1 id dan deposit sangat rendah
    WHATSAPP : +6281298526483

    BalasHapus