DEDIKASI AKADEMIS 2017 di Kepulauan Selayar


dedikasi korpala
Penyambutan. Antusias warga dan siswa saat penerimaan di balai Desa Barugaia Kecamatan Bontomanai
Sebelum beranjak dari November 2017, Korps Pencinta Alam (KORPALA) Universitas Hasanuddin kembali terdorong karena kepedulian dan kepekaan sosial, mengisi akhir bulan di November dengan melaksanakan kegiatan berkonsep pengabdian masyarakat yang juga bermuatan pelestarian lingkungan.

Kali ini kegiatan tersebut adalah Dedikasi Akademis 2017 bertema “Aktualisasi Peran Akademisi Sebagai Wujud Kepedulian Sosial”. Sesuai dengan tema yang diusung ide kegiatan Dedikasi Akademis murni didasari kepedulian terhadap pengelolaan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Kepulauan Selayar yang disaksikan memang belum maksimal  dan butuh keseriusan, sehingga perlu adanya peran nyata sebagai Mahasiswa yang masih berproses dengan titel akademisi.

Dedikasi Akademis 2017 akan dilaksanakan pada tanggal 24 – 26 November 2017 di Kampung Penyu Kabupaten Kepulauan Selayar, secara administratif lokasi Dedikasi Akademis 2017 berada di wilayah Dusun Tulang, Desa Barugaia Kecamatan Bontomanai, Kabupaten Kepulauan Selayar.

Dibenarkan oleh Ketua Umum KORPALA Unhas, Andi Suaib yang mengatakan bahwa  “Memilih lokasi di Kepulauan Selayar bukan tidak dengan pertimbangan, kami telah lakukan survey awal untuk data lokasi di Kampung Penyu sehingga ini murni kepeduliaan KORPALA untuk pengabdian masyarakat di sana”, terangnya.

Dilanjutkan pula bahwa saat awal direkomendasikan ke Bidang Kemahasiswaan Universitas Hasanuddin, kegiatan Dedikasi Akademis 2017 sempat diragukan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Hasanuddin dalam hal ini Dr. Ir. Abdul Rasyid Djalil M. Si atau Bang Chido sapaan akrab beliau.

“iyee…sebenarnya ide ini diragukan dengan beberapa pertimbangan waktu itu, seperti akses ke lokasi kegiatan yang lumayan jauh dari pusat Kota Makassar, kemudian konsep baku dari Dedikasi Akademis 2017 sendiri belum kami rampungkan dan perlihatkan secara tertulis sehingga wajar ada yang dipertanyakan”, demikian disampaikan Andi Suaib, yang juga putra kelahiran Tana Doang Selayar.

Setelah memperlihatkan konsep kegiatan, kami pun mendapatkan titik terang dengan dukungan dari Bidang Kemahasiswaan Universitas Hasanuddin. Perlu kami sampaikan pula bahwa Dedikasi Akademis 2017 ini dirangkaikan sebagai bentuk partisipasi nyata untuk turut serta menyambut Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Selayar ke 412, kerjasama dan dukungan pemerintah setempat dalam mensukseskan kegiatan ini tentu sangat kami harapkan.

Ketua Pelaksana kegiatan, Saudara Faiz Fahri menyampaikan bahwa ada Enam item kegiatan nantinya akan dilaksanakan berpusat di Kampung Penyu, beberapa diantaranya seperti Sosialisasi sadar wisata, Ecobricks, Pemutaran dan Diskusi Film genre pelestarian lingkungan. Kegiatan yang akan dilaksanakan tersebut sesuai dengan data awal yaitu kondisi pengelolaan dari Kampung Penyu yang belum maksimal, juga kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan dan pengelolaan sampah agar dapat dimaanfaatkan.
“semua kegiatan berpusat di Kampung Penyu, ada enam item kegiatan yang telah kami komunikasikan ke pihak pemerintah setempat dan mereka pun siap bekerjasama sehingga kami sangat mengapresiasi hal tersebut” kata Faiz sapaan Mahasiswa Ilmu Kelautan angkatan 2013 saat rapat koordinasi.

Kegiatan lain yang akan dilaksanakan pula yaitu Peremajaan Infrastruktur dan Bersih pantai di area Kampung Penyu, hal ini dilaksanakan untuk mendukung perkembangan spesies penyu yang ada di penangkaran Penyu Dusun Tulang, pastinya dengan peremajaan fasilitas akan menarik minat dan kesadaran pengunjung, juga kesadaran masyarakat untuk terlibat langsung dalam pengembangan Kampung Penyu ke depannya.

Sebagai mahasiswa yang aktif di Unit Kegiatan Mahasiswa kepencintaalaman tentu saja sangat erat kaitannya dengan pelestarian lingkungan. Oleh karena itu dengan terlaksananya keenam rangkaian kegiatan tersebut, aktualisasi dan eksistensi khususnya mahasiswa pencintaalam bisa membuka mata masyarakat pada umumnya bahwa seperti inilah pencinta alam memiliki kepekaan tinggi terhadap lingkungan. Masyarakat setempat dengan terlaksananya kegiatan ini memperoleh modal untuk pengelolaan destinasi wisata yang mampu menjadi sumber ekonomi menjanjikan kedepannya.

Ucapan terimakasih dan rasa hormat kami atas dukungan yang telah diberikan oleh Bidang Kemahasiswaan Universitas Hasanuddin, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dan berbagai pihak yang turut serta membantu demi lancarnya kegiatan Dedikasi Akademis 2017. Semoga kerjasama pengabdian dan transformasi ilmu pengetahuan dapat terus terjalin di kesempatan berikutnya.

K 126 14 497

1 Response to "DEDIKASI AKADEMIS 2017 di Kepulauan Selayar"

  1. CARA BERMAIN POKER AGAR MENANG

    Dapatkan bonus 2x sehari di www. donacobet .com
    agen poker online terpecaya fitur 7 game dan bisa kalian mainkan
    dengan 1 id dan deposit sangat rendah
    WHATSAPP : +6281298526483

    BalasHapus