Cave Rescue Coaching di Korpala Unhas oleh Fédération Française de Spéléologie

     Suatu anugrah dan kesempatan yang sangat langka, di pagi hari 28 Oktober 2011 ketika personil dari Fédération Française de Spéléologie mengadakan coaching beberapa teknik dalam Cave Rescue di depan mabes Korpala. Materi diberikan langsung oleh instruktur-instruktur 'international certified' yang bahkan salah satunya (Marc Boureau) adalah ketua dari FFS (Fédération Française de Spéléologie) sendiri.
     Pelatihan yang bukan hanya diikuti oleh anggota Korpala sendiri tetapi juga oleh beberapa utusan dari mapala lain di Makassar ini terselenggara dalam rangkaian akhir kegiatan Wara Kalap France yang baru saja kembali dari Mekongga bersama pendamping-pendampingnya dari Korpala Unhas.

Dari Mekongga untuk Korpala
     Selama kurang lebih sepuluh hari menjelajah area Mekongga, tim Wara Kalap dan Korpala berhasil mengidentifikasi delapan gua yang mereka temukan. Waktu yang begitu sempit, memaksa tim dari Perancis ini mengakhiri ekspedisi, yang tentu saja menorehkan begitu banyak kesan sekaligus rasa penasaran yang mendalam, untuk bisa kembali menjejak setiap jengkal tanah yang belum sempat terjangkau.
     Kawasan karst Sulawesi Selatan dan Tenggara yang begitu eksotis rupanya telah begitu memikat hati para caver dari FFS, sehingga mereka sudah merencanakan untuk kembali dan kembali lagi ke bumi Sulawesi ini, di tahun-tahun mendatang. Uniknya evolusi Sulawesi memang manjadi daya tarik tersendiri.
     Dan Korpala Unhas sendiri perlahan-lahan memulai era baru di dalam hubungan internasionalnya, dimana kesan baik yang telah diberikan kepada tamu-tamu internasional tersebut akan menjadikan Korpala sebagai 'Point of Reference' untuk kegiatan-kegiatan mereka kelak. Dari FFS sendiri secara tersirat berharap menjadikan Korpala Unhas sebagai satu-satunya joint partner mereka dalam berkegiatan di Indonesia. Begitu juga tim dari Universitas Waseda yang beberapa waktu lalu sudah ber-sawanobori di Sulsel, sudah merencanakan untuk kembali di tahun depan dengan kegiatan yang lain.
     Let us fly with de Corps.

4 Responses to "Cave Rescue Coaching di Korpala Unhas oleh Fédération Française de Spéléologie"

  1. bang, mungkin perlu dikoreksi penulisan 'Poing of Reference' ada kesalahan ketik mungkin

    BalasHapus
  2. omg.. perlu cari juru ketik baru ini kayaknya.. selalu mengantuk jadi sering salah pencet. Terimakasih koreksinya.. :)

    BalasHapus
  3. Yang penting mendapat materi baru dari teman teman FFS, kapan nie bisa maen ke Maros, ahihihihi

    BalasHapus
  4. dapatkan keseruan bermain game kartu online di donacopoker dan dapatkan juga bonus bonus menariknya
    Bonus Donacopoker
    Daftar Donacopoker
    Donaco Poker
    judi kartu online
    BBM : DC31E2B0
    LINE : Donaco.poker
    WHATSAPP : +6281298526483

    BalasHapus