TIM OPERASI PUTRI GUNUNG LEUSER KORPALA UNHAS DILEPAS SECARA RESMI OLEH WAKIL REKTOR III UNHAS

 

        


        Makassar 25 Oktober 2021 - Tim Operasi Putri Gunung Leuser Korpala Unhas resmi dilepas oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes. Pelepasan ini dilakukan di Gedung Rektorat Universitas Hasanuddin pada Senin, 25 Oktober 2021, pukul 9.30 WITA. Dalam pertemuan ini dihadiri Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Prof. Dr. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes, Kabag Kemahasiswaan, Bendahara kemahasiswaan, Pembina Korpala Unhas, Ketua Umum Korpala Unhas Periode 2021, dan Tim Operasi Putri Gunung Leuser Korpala Unhas serta dihadiri juga Tim Eksplorasi Tangkelemboke yang telah melakukan kegiatan Eksplorasi sebelumnya di Kawasan Karts Kolaka untuk menyampaikan hasil kegiatan yang telah dilakukan.

        Saat acara pelepasan, Wakil Rektor III Unhas Prof. Dr. drg. A. Arsunan Arsin, M.Kes.  yang juga merupakan penasihat Korpala Unhas mengatakan bahwa kegiatan ini positif karena apa yang dilakukan selaras Tridarma Perguruan Tinggi untuk melakukan riset, sebagai upaya pengembangan potensi generasi muda Indonesia.  Diharapkan agar Operasi Putri yang dilaksanakan di tanah Sumatera ini dapat menjalin hubungan antar mahasiswa dan masyarakat sekitar dan mampu mengharumkan almamater merah kampus Unhas serta adanya data yang diperoleh dari hasil pendataan yang dilakukan. Tentunya dalam melaksanakan kegiatan ini tetap memperhatikan keselamatan dan kesehatan karena Gunung Leuser juga termasuk kawasan perlindungan satwa serta jalur pendakian terpanjang di Indonesia

        Kegiatan ini akan berlangsung selama 20 hari dari tanggal 26 Oktober hingga 14 November 2021 berlokasi di Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser Desa Panosan Sepakat, Kecamatan Blang Jerango, Kabupaten Gayo Lues, Provinsi Aceh. Dalam kegiatan ini Tim tidak hanya melakukan pendakian ke puncak Gunung Leuser tetapi juga melakukan penelitian terkait perbandingan tutupan lahan dijalur pendakian, pendataan sampel flora dan fauna serta kondisi sosial budaya masyarakat. Ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan oleh putri-putri dari wilayah timur Indonesia, tutur ketua tim (Nurul Ismi Islamiah).

        Tim Operasi Putri ini akan diberangkatkan pada hari Selasa, 26 Oktober 2021 pukul 9:00 WITA. Menuju bandara Kualanamu Meda Sumatera Utra dengan jumlah 6 orang (Atlit, Technical Advisor dan tim pendukung) yaitu Nurul Ismi Islamiah (Ketua Tim) dari Prodi Kehutanan Fakultas Kehutanan, Husnul Hatimah (Pimpinan Operasi) dari Prodi Kehutanan Fakultas Kehutanan, Sukma Dewi (Atlit) dari Budidaya Perairan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, 2 orang sebagai Technical Advisor yaitu Muhammad Muhshy Kadir Pole dari prodi kehutanan Fakultas Kehutanan , Andi Sudirman Hamsah alumni Unhas serta 1 orang sebagai tim pendukung yaitu Jum Ma’ruf Lilhaslam dari prodi Sosial Ekonomi Perikanan Fakultas Ilmu Kelautan dan perikanan.

        Sebelum melaksanakan kegiatan Operasi Putri ini, beberapa persiapan telah dilaksanakan oleh tim. Mulai dari pembekalan materi, latihan fisik, persiapan peralatan dan perlengkapan, maupun finansial telah dipersiapkan. Tim telah melakukan persyaratan protocol kesehatan mulai dari vaksin dan tes PCR covid-19 serta mendapat dukungan dan bantuan dari dari Wali Kota Makassar, Pihak Kampus Unhas, RS. Tadjuddin Chalid Makassar serta media partner Harian Fajar, Identitas Unhas dan Pojok Sul-Sel.





0 Response to "TIM OPERASI PUTRI GUNUNG LEUSER KORPALA UNHAS DILEPAS SECARA RESMI OLEH WAKIL REKTOR III UNHAS"

Posting Komentar